Generate Script IPtables

Generate Script IPtables dengan Easy Firewall Generator Online

Keamanan komputer sangatlah penting, terutama komputer yang terhubung dengan jaringan baik jaringan publik (internet) maupun jaringan lokal (LAN). Dengan memasang firewall termasuk salah satu cara mengamankan komputer, dan bukan berarti jika kita telah memasang firewall berarti sudah aman 100%, disamping itu kemampuan firewall untuk juga tergantung konfigurasi dan rule yang kita terapkan untuk mengatur koneksi dari dan kemana saja yang di izinkan atau yang di blok.

Untuk OS Windows tersedia bermacam produk dari yang gratis sampai yang bayar dan biasanya firewall tersebut di bundle dengan antivirus. Untuk OS Keluarga Unix salah satu firewall yang terkenal adalah iptables (opensource), selain sebagai paket filtering juga dapat digunakan sebagai redirect paket dan NAT (Network Address Translation).

Namun menggunakan iptables tidaklah semudah firewall berbasis Windows yang dikemas dengan tampilan menarik dan userfriendly, dengan iptables maka sebelumnya harus memahami sintaksnya. Jika rule koneksi rumit dan banyak maka akan banyak sekali command yang diketik, dokumentasi dan howto dapat di lihat di http://www.linuxguruz.com/iptables/howto. Salah satu tool berbasis web yang mempermudah untuk men-generate script iptables adalah Easy Firewall Generator dapat dilihat di http://easyfwgen.morizot.net/gen/.

 

Untuk men-generate script iptables dengan Easy Firewall dapat anda lakukan disini dan kemudian mengisi IP interface yang digunakan, IP Address (untuk IP statis), memilih apakah komputer digunakan sebagai single system (standalone) atau sebagai gateway, pilihan log dan service/port untuk koneksi inbound yang akan dibuka. Setelah setelah semua isian dan pilihan-pilihan terisi sesuai kebutuhan selanjutnya tinggal men-generate dan scriptnya tersebut disimpan dan tingal dijalankan di komputer. Script hasil generate Easy Firewall selain perintah-perintah iptables juga dilengkapi perintah untuk meload modul-modul yang diperlukan dan men-set parameter kernel, tiap-tiap bagian perintah disertai keterangan untuk mempermudah memahami script tersebut.

 

Easy Firewall sangat membantu dan memudahkan kita untuk membuat script iptables, tetapi kita harus ingat bahwa bukan berarti dengan telah terpasangnya firewall system kita aman 100%, oleh karena itu kita harus tetap waspada.

Referensi :
http://easyfwgen.morizot.net/gen/
http://www.linuxguruz.com

About Sustaindo - Sustainability Indonesia
Entrepreneurship NOW!. You can donate using credit card via Paypal. Here: https://www.paypal.com/cgi-bin/webscr?cmd=_s-xclick&hosted_button_id=W2472XU5QCJ9J Thank you

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: