Membuat Ukuran Gambar Sesuai Lebar Posting

Sejak singgah dari blog satu ke blog lainnya, banyak hal yang Saya temukan. Salah satunya adalah ukuran lebar gambar melebihi ukuran lebar posting. Sehingga gambar yang tampil lebarnya akan keluar dari halaman posting. Kedang bisa sampai menutupi bagian sidebar.

Masalah ini jika tidak cepat Kita sikapi maka akan mengurangi kerapian dari blog itu sendiri. Dan bisa jadi akan membuat pengunjung merasa tidak nyaman. Ingat! kenyamanan pengunjung bisa menentukan blog Anda akan disingahinya lagi atau tidak. Jadi sebisa mungkin buat kesan pertama begitu berkesan bagi pengunjung Anda.bootingskoBlog

Jika Anda memiliki masalah ini, yaitu ukuran gambar di posting Anda melebihi ukuran lebar halaman posting. Anda tidak perlu mengedit ataupun menghapus semuanya. Ikuti cara yang akan Saya beberkan dibawah.

  1. Silahkan login ke akun WordPress.com Anda.
  2. Pada sisi kiri halaman  klik menu [Settings] > [Media].
  3. null

  4. Kemudian akan muncul halaman ‘Media Settings’.
  5. Pada bagian Image Sizes di ‘Large size’ berikan nilai Max Width dan Max Height tanpa (px) dibelakangnya sesuai ukuran lebar halaman posting Anda. Jika Anda menginginkan tinggi gambar otomatis mengikuti lebar gambar, kosongkan saja kolom Max Height.
    null 

    Dalam hal ini Anda bisa mengira-ngira lebar halaman posting Anda. Yang terpenting jangan sampai gambar itu keluar melebihi lebar posting. Jika masih melebihi lebar halaman posting, rubah nilai hingga sesuai dengan lebar posting Anda. Sebagai perbandingan buat Anda, untuk ukuran lebar posting blog Saya ini adalah 600 px.

  6. Jika Anda menginginkan juga agar video dari YouTube lebarnya sesuai dengan halaman posting, berikan tanda centang pada ‘Enable auto-embeds’. Dan berikan nilai pada kolom width dan Height tanpa (px).
  7. Kemudian klik tombol [Save Changes].

null
Setelah Anda melakukan setting seperti cara diatas, setiap Anda menyisipkan gambar di posting tidak perlu lagi merubah lebar-tinggi dari gambar, biarpun ukurannya sangat besar. Karena setelah dipublish (diterbitkan) gambar akan resize otomatis sesuai nilai yang Anda isi.

Trik ini berlaku jika Anda menyisipkan image dengan cara upload langsung dari komputer ke WordPress dan bukan copy link.

Contoh gambar dari nilai 1.280px × 1.024px :
null

By: bootingskoblog

About Sustaindo - Sustainability Indonesia
Entrepreneurship NOW!. You can donate using credit card via Paypal. Here: https://www.paypal.com/cgi-bin/webscr?cmd=_s-xclick&hosted_button_id=W2472XU5QCJ9J Thank you

4 Responses to Membuat Ukuran Gambar Sesuai Lebar Posting

  1. INformasi yang bagus buat saya yang awam blogging. Makasih. Semoga tetap berbagi manfaat. Salam

  2. NTPshipz says:

    pada box “width” diatur ukuranya sesuai yg diinginkan, misal: width[200] Height[600]

    oke, slamat mencoba

  3. newswam says:

    klo merubah lebar sidebar gmana maz? lihat thema blog saya ne mw saya jadikan minimalis gmana mas?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: