Bermain dengan Anak Bisa Bakar Kalori

Terlalu sibuk bekerja di kantor dan mengurus rumah tangga hingga tak sempat berolahraga untuk membakar kalori berlebih? Jangan khawatir, ada banyak cara mudah untuk membakar kalori yang tidak mengharuskan Anda pergi ke gym. Salah satunya dengan rajin mengajak anak Anda bermain.

Tubuh manusia sebenarnya tidak pernah berhenti melakukan pembakaran kalori. Bahkan dengan mengedipkan mata, sejumlah kalori pun terbuang. Ini dia beberapa tips yang bisa memaksimalkan pembuangan kalori tanpa harus olahraga serius, seperti dikutip Sofeminine.

1. Mengajak Si Kecil Bermain
Jangan melimpahkan semua tugas mengurus anak pada pengasuh atau baby sitter. Mengurus anak memang bukan hal mudah, tapi tugas melelahkan ini bisa membantu Anda membakar kalori. Ikut terlibat dalam kegiatan anak seperti bermain, berlari bersama si kecil atau menggendongnya bisa mengurangi ratusan kalori. Manfaatnya sama dengan ketika Anda melakukan body combat di gym.

2. Berkebun
Sempatkanlah hari libur Anda dengan berkebun. Aktivitas menggunting rumput, membabat semak belukar dan menyiram tanaman akan menggerakkan otot yang sama seperti latihan di gym. Berkebun adalah salah satu cara untuk membakar kalori dan lemak tanpa Anda menyadari kalau sedang berolahraga. Jadi, rajin-rajinlah merawat kebun di rumah Anda!

3. Lakukan Hal-hal Menyenangkan
Membakar kalori tidak harus selalu dilakukan dengan kegiatan yang menguras keringat dan tenaga. Kalori bisa dikurangi dengan sesuatu yang menyenangkan. Inti dari pembakaran kalori adalah meningkatkan intensitas denyut nadi dan detak jantung. Jadi, coba lakukan hal-hal yang memacu adrenalin seperti menonton film komedi atau thriller, berbelanja saat program diskon (jantung Anda akan berdegup kencang melihat angka-angka diskon yang terpampang) atau berdansa selama dua jam.

4. Manfaatkan Waktu Kerja
Bekerja seharian di belakang meja atau depan komputer membuat kita jarang bergerak. Ditambah dengan ngemil, akan semakin banyak kalori yang menumpuk pada tubuh. Karena itu, manfaatkan sedikit waktu kerja Anda untuk berolahraga ringan. Pilih naik tangga daripada naik lift. Menyusuri anak tangga selama 15 menit bisa membakar 150 kalori. Cari juga tempat makan siang yang letaknya agak jauh dari kantor, dan tempuh dengan berjalan kaki. Oh ya, menyikat gigi selama lima menit setelah makan siang, juga membantu pembuangan kalori sebanyak 12 kalori.

5. Beres-beres Rumah
Pekerjaan rumah tangga memang cukup melelahkan. Tapi tak ada salahnya jika Anda membantu asisten rumah tangga menyelesaikan tugas bersih-bersih rumah. Semua anggota tubuh bisa bergerak, dan bisa membakar kalori seperti saat sedang berjalan. Mencuci piring selama 10 menit membakar 20 kalori, sementara mengepel lantai selama 30 menit dan menyetrika selama satu jam membakar 130 kalori. | wolipop

About Sustaindo - Sustainability Indonesia
Entrepreneurship NOW!. You can donate using credit card via Paypal. Here: https://www.paypal.com/cgi-bin/webscr?cmd=_s-xclick&hosted_button_id=W2472XU5QCJ9J Thank you

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: