Seks dan Tawa Bisa Bantu Bakar Kalori

SEKS.JPG
Dua studi terpisah mengungkapkan bahwa tawa dan seks bisa membantu membakar kalori. Terdengar terlalu bagus untuk jadi kenyataan? Bisa jadi, tetapi kesimpulan ini didapatkan dari penelitian yang cukup komprehensif.

Tawa
Menurut dua ahli tawa, dr Lee S dan dr Stanley Tan, tertawa bisa memaksimalkan banyak fungsi beragam sistem tubuh. Berk dan koleganya mengetahui, tawa membantu mengoptimalkan hormon endokrin dalam sistem tubuh sekaligus mengurangi level hormon stres (kortisol dan epinefrina).

Studi mereka menemukan bahwa tertawa terbahak-bahak yang berulang bisa menyebabkan tubuh merespons serupa respons berolahraga ringan. Tertawa terbahak-bahak mendorong mood, mengurangi hormon stres, meningkatkan keimunan tubuh, menurunkan kadar kolesterol jahat dan tekanan darah sistolik, serta meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Riset ini, menurut Berk, menyimpulkan bahwa tawa bisa menyebabkan modulasi yang cukup luas dan respons tubuh yang berulang tersebut serupa dengan efek berolahraga. Jadi, tertawa lepas yang berulang sama dengan olahraga yang berulang. Menyenangkan, ya?

Tawa terbahak-bahak berulang bisa membakar lemak dan menurunkan hormon stres. Sementara seks, membantu bakar kalori jika dilakukan dengan gerakan yang cukup akrobatik.
Seks
Sama seperti tawa, ada banyak manfaat kesehatan yang dikaitkan dengan seks, termasuk perpanjangan usia hidup, kesehatan kardiovaskuler, toleransi terhadap rasa sakit, peningkatan keimunan tubuh, serta pengurangan tingkat depresi.

Menurut penelitian, jika bercinta dengan posisi yang cukup menantang, semacam akrobat, selama setengah jam terus-menerus, Anda akan membakar sekitar 150-350 kalori. Ini setara dengan berjalan perlahan, berlari, atau mengangkat beban selama 30 menit. Menurut majalah Forbes, bercinta sebanyak dua kali seminggu selama setahun akan membakar kalori yang setara dengan tujuh piring pasta.

Kerry McCloskey, pengarang buku The Ultimate Sex Diet, mengonfirmasi bahwa seks adalah latihan yang menyenangkan. Semakin banyak olahraga yang Anda lakukan, semakin baik pula kehidupan seks Anda.

Para periset di University of Texas di Austin meneliti beberapa wanita. Penelitian ini melihat aliran darah pada organ intim wanita setelah mereka menyaksikan film porno. Diketahui aliran darah lebih deras pada wanita yang usai berolahraga ketimbang mereka yang tidak berolahraga. Intinya, semakin banyak berolahraga, semakin sering Anda bergairah bercinta dengan suami, dan semakin sering bercinta, semakin banyak olahraga yang Anda lakukan.

Sumber lain menyebutkan, Bercinta adalah salah satu aktifitas yang bisa membakar kalori selain olahraga. Tapi, gaya bercinta lah yang sebenarnya sangat penting untuk menentukan berapa banyak kalori yang berhasil Anda dan pasangan buang.

Lalu apa posisi bercinta yang paling efektif membakar kalori? Sebuah penelitian di Jerman telah menemukan jawabannya, yaitu gaya bercinta vertikal atau sambil berdiri.

Dilansir dari Geniusbeauty, para ilmuwan di Jerman melakukan percobaan pada sekitar 5000 pasangan. Mereka diminta melakukan hubungan seks hanya dengan posisi berdiri, tidak kurang dari satu kali sehari selama dua minggu.

Setelah 14 hari, hasilnya menunjukkan bahwa responden wanita turun berat badannya dari 3 hingga 5 kg, tanpa mengurangi asupan makanan atau olahraga di gym. Pasangan yang bercinta dengan posisi berdiri bisa membakar kalori lebih cepat dan banyak, karena posisi ini paling banyak menghabiskan energi dibandingkan gaya lainnya.

Baik pria maupun wanita sama-sama harus lebih banyak bergerak dan saling menopang badan satu sama lain. Bagi wanita, ini tentu saja lebih efektif membakar kalori dibandingkan gaya misionaris. Karena posisi saat bercinta di bawah membuat wanita bergerak lebih pasif.

Sumber: Berbagai artikel

About Sustaindo - Sustainability Indonesia
Entrepreneurship NOW!. You can donate using credit card via Paypal. Here: https://www.paypal.com/cgi-bin/webscr?cmd=_s-xclick&hosted_button_id=W2472XU5QCJ9J Thank you

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: