Perencanaan Untuk Usaha

Suatu misal, kita memiliki modal dan kepengen diinvestasikan untuk usaha yang potensial hanya saja sumber daya yang dimiliki sangat terbatas, dan masalahnya sekarang adalah: Proyek usaha manakah yang akan memberikan nilai keuntungan terhadap investasi yang terbaik Jangan lah pernah menghamburkan dana dan waktu terhadap suatu usaha yang tidak memberikan hasil yang diharapkan.

Ada lebih dari 60 faktor yang sangat penting yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan potensi kesuksesan sebuah usaha.Bikin suatu pertanyaan-pertanyaan yang terstruktur, yang mungkin selama ini lupa ditanyakan kepada diri sendiri, itu akan dapat membuka tabir yang selama ini menutupi pikiran, dan akhirnya akan dapat menciptakan formulasi analisa yang berbobot.

Hidupkan Kembali Produk Yang Telah Gagal Sangat Memungkinkan
Banyak sekali produk, baik berupa barang atau pun jasa yang gagal dipasaran karena jeleknya strategi yang digunakan.Tinjau Ulang letak kegagalannya, disitu akan dapat secara cepat mengenali berbagai hal yang perlu di lakukan untuk dapat mengubah semua itu.Sangat disarankan untuk meninjau ulang produk mereka yang telah gagal tersebut dan memperbaharuinya .

Mampu Mengenali Masalah Dan Memanfaatkan Kekuatan
Belajar terus untuk dapat mengenali berbagai hal dari bisnis yang mungkin menjadi penyebab terjadinya kegagalan. Tidak hanya ini saja melainkan juga bagaimana merubah semua kelemahan itu menjadi suatu kekuatan dan memanfaatkan kekuatan tersebut untuk memenangkan persaingan. Pahamilah kekuatan usaha dan produknya, ini merupakan kunci untuk menang dalam persaingan.

Utama harus mampu untuk memberikan informasi yang mendalam mengenai berbagai hal yang penting, yaitu:

a.Lingkungan Pasar
b.Kekuatan-Kekuatan Pasar
c.Berbagai Karakteristik Pasar
d.Pengaruh Persaingan
e.Potensi Barang Atau Jasa
f.Penetapan Harga
g.Langkah-Langkah Promosi

Hargai Waktu

Hemat dana
Jangan berinvestasi di bidang yang jelek , Hindari Strategi yang salah ; Hasilkan Keutungan ; Komitmen penuh terhadap ide yang baik ; Terapkan strategi yang benar untuk produk barang/jasa yang sedang dikembangkan

Analisa-analisa yang penting, meliputi:

1. Tempat-tempat area penting dari usaha

2. Berbagai ragam observasi dan kesimpulan yang dihasilkan dari suatu proses menjawab berbagai pertanyaan.

3. Penyajian lebih dari 35 macam charts yang relevan dan berpengaruh terhadap sistem usaha.

Observasi Usaha yang Mendalam
harus dapat memahami lebih jauh mengenai strategi pemasaran dan bagaimana pengaruh berbagai keputusan penting dari strategi pemasaran tersebut terhadap suksesnya usaha yang sedang di rintis. Beberapa contoh yaitu:

1. Observasi Kekuatan Penawaran Pembeli. Salah satu faktor yang input yang digunakan adalah Ancaman Timbulnya Pesaing baru.

2. Mengukur pengaruh dari Ancaman Pesaing baru tidak hanya didasarkan atas satu faktor saja.

3. Faktor Input lainnya adalah pengaruh dari tingkat Persaingan Usaha

Dan untuk menilai seberapa besar tingkat persaingan usaha, Kesetiaan pelanggan adalah salah satu faktor yang penting untuk dipertimbangkan

Salah satu keuntungan yang teramat nyata yang akan dapat di peroleh melalui adalah mampu untuk menilai secara tepat pengaruh dari berbagai situasi internal dan eksternal terhadap suksesnya proyek yang sedang dikerjakan.

Pahamilah Kekuatan Kompetitif usaha, itu kunci agar dapat memenangkan persaingan.

STRATEGIC MARKETING PLANNER
Begitu banyaknya hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan untuk dapat majunya sebuah usaha, yang bahkan kadang-kadang kita lupa untuk mempertimbangkannya, mungkin karena terlalu focus kepada ide baru tersebut.

Langkah paling awal untuk dapat membuat Rencana Usaha yang menjanjikan kemenangan adalah kemampuan anda untuk memahami pasar dan bagaimana anda memanfaatkan pengetahuan mengenai pasar tersebut untuk keuntungan anda dan perusahaan.Hal-hal yang harus diketahui, yaitu:

a.Analisa Pemasaran (Marketing Analysis)

b.Faktor-faktor Lingkungan (Environmental Factors)

c.Karakter Calon Pembeli dan pelanggan (Prospect/Customer Characteristics)

d.Positioning Barang/Jasa (Product/Service Positioning)

e.Strategi Penetapan (Harga Pricing Strategy)

f.Promosi dan Iklan yang terkait dengan strategi usaha

Banyak produk barang atau jasa yang kelihatannya sangat baik tapi ternyata sangat sulit untuk bisa memberikan keuntungan. Apakah sebuah ide baik untuk dilaksanakan atau tidak.Dengan semua direncanakan tentunya diharapkan tidak menyia-nyiakan dana, waktu dan tenaga secara sia-sia. Kalau Rencana Usaha yang di buat buruk, maka implementasinya pun akan buruk, apakah anda akan mengambil resiko ini, dan mengakibatkan hilangnya keuntungan bagi anda dan perusahaan?

Sumber: aindra.blogspot.com

About Sustaindo - Sustainability Indonesia
Entrepreneurship NOW!. You can donate using credit card via Paypal. Here: https://www.paypal.com/cgi-bin/webscr?cmd=_s-xclick&hosted_button_id=W2472XU5QCJ9J Thank you

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: