4 Kesalahan Membuat Curriculum Vitae

nullAda banyak faktor dalam melamar pekerjaan yang menjadi andalan seorang pelamar. Tidak hanya memiliki kecerdasan dan kepercayaan diri, namun pelamar harus pintar dalam membuat CV.

CV dan resume menjadi pendukung utama untuk mendapatkan pekerjaan. Di situlah kesan pertama perekrut. Tapi, banyak orang yang meremehkan surat lamaran kerja yang dikirim. Dilansir dari Helium, berikut ini beberapa kesalahan umum dalam CV dan resume yang sering dibuat oleh pelamar.

Tidak Sesuai
Banyak pelamar yang asal-asalan dalam melamar kerja, padahal mereka mengetahui jika posisi yang diminta tidak sesuai. Maka dari itu, pastikan dalam menulis CV dan surat lamaran kerja (resume) harus disesuaikan dengan posisi yang dilamar. Perekrut ingin mengetahui latar belakang Anda dengan cepat dan efisien. Jadi pastikan Anda menuliskan kelebihan Anda dan pengalaman kerja yang terkait dengan bidang yang dilamar. Jika tidak ada, Anda dapat menyebutkan aspek yang relevan, seperti kemampuan kepemimpinan dan delegasi.

Berbohong
Jangan meyombongkan diri dalam surat lamaran kerja dan memberikan informasi palsu di CV atau resume. Tulislah kemampuan dan keahlian yang memang benar Anda miliki. Sehingga ketika masuk ke ruang wawancara, Anda lebih percaya diri memaparkan kelebihan Anda. Karena orang-orang HRD akan sangat cepat mengetahui jika Anda sedang membual.

Salah Ketik
Banyak yang menganggap remeh salah ketik dalam CV dan resume. Pelamar berpikir, toh para HRD atau perekrut memahami maksudnya. Dari sini, perekrut dapat melihat jika Anda orang yang ceroboh dan mengganggap remeh akan suatu hal. Tentu kesan pertama yang ditunjukkan menjadi kurang baik.

Bertele-tele
Dalam menyusun CV dan resume harus sebaik isinya. Pastikan surat lamaran kerja Anda terorganisir dan mudah dibaca. Jangan menggunakan font yang bervariasi. Font Arial, Calibri atau Times New Roman merupakan font yang paling umum digunakan, font ini juga mudah dibaca. Pastikan tulisannya cukup besar agar pembaca nyaman membacanya. Setiap paragraf jangan terlalu panjang dan bertele-tele. Pastikan Anda menulis kalimat yang baik dan tidak diulang-ulang.

About Sustaindo - Sustainability Indonesia
Entrepreneurship NOW!. You can donate using credit card via Paypal. Here: https://www.paypal.com/cgi-bin/webscr?cmd=_s-xclick&hosted_button_id=W2472XU5QCJ9J Thank you

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: