Bahaya Menonton di Bioskop yang Kotor

Tak semua bioskop itu bersih dan bebas dari kotoran. Pernahkah anda ke bioskop dan merasakan ada residu aneh yang lengket di bawah sepatu anda? Pernahkah anda menemukan kondisi bahwa ada air soda yang berceceran di lantai bioskop tempat anda menonton? Berikut adalah enam bahaya kesehatan jika anda menonton di sembarang bioskop, dikutip dari SymptomFind, Selasa (12/3).

1. Snack yang tak steril

Anda perlu memperhatikan apakah snack yang anda beli di bioskop melewati proses sanitasi yang sama amannya dengan snack yang anda makan di restoran. Bahkan, jika mereka hanya menyerahkan anda sekotak permen, mungkin saja permen itu disimpan sembarang sehingga bisa diakses oleh cicak atau tikus.

Beberapa jenis makanan yang dibeli di bioskop bisa saja disentuh oleh tangan-tangan karyawan yang kotor. Popcorn, nachos, dan hot dog adalah beberapa contoh dari beberapa jenis makanan yang sangat mungkin menjalani kondisi demikian. Anda perlu memastikan bahwa anda membeli makanan dan bioskop yang bersih. Jangan sampai anda keracunan akibat makan dari hot dog yang kotor.

2. Kacamata 3-D yang kotor

Menonton film dalam format 3-D adalah cara terbaik untuk menikmati blockbuster musim panas. Tetapi, jika kacamata 3-D yang anda pakai justru menularkan penyakit mata yang berasal dari pemakai kacamata sebelumnya maka ini akan merugikan anda. Penelitian di Amerika Serikat menunjukkan sebagian bioskop diminta untuk mencuci ulang kacamata 3-Dnya karena masih kotor.

Kacamata 3-D tersebut bahkan banyak ditemukan mengandung Staphylococcus aureus, bakteri yang dapat menyebabkan infeksi Staph atau penyakit mata yg menular dan mungkin menyebabkan pneumonia. Jika anda ingin menghindari bahaya kesehatan potensial, pastikan anda benar-benar menghapus ulang kacamata 3-D yang anda gunakan di bioskop minimal dengan tisu.

3. Kotoran bekas toilet

Kotoran bekas toilet juga bisa ditemukan di dalam ruangan teater bioskop. Ini juga sangat mungkin menular ke makanan anda. Anda mungkin perlu sedikit khawatir karena laporan KLTV di bioskop-bioskop East Texas menemukan banyak kotoran bekas toilet ditemukan menempel di kursi-kursi bangku bioskop. Ini berasal dari penonton yang memang pola hidupnya jorok. Misalnya, tidak suka mencuci tangan usai keluar dari toilet.

Kotoran mereka kemudian menempel di jari jemari mereka dan akhirnya menempel saat mereka misalnya menyentuh sandaran kursi atau lengan kursi di ruang teater. Ini akan semakin buruk apabila ruangan bioskop tersebut jarang dibersihkan.

4. Sarang kutu

Bekas kotoran di toilet bukanlah satu-satunya hal yang perlu anda khawatirkan dengan kursi bioskop yang kotor. Yang perlu anda khawatirkan adalah jika kursi teater film yang anda duduki itu menjadi sarang kutu. Bayangkan saja, ribuan penonton masuk ruang  bioskop yang sama dan beristirahat sambil menyandarkan kepala mereka di kursi yang sama setiap tahun.

Anda terikat setidaknya menggunakan satu atau dua kursi yang terkontaminasi dengan kutu setiap anda menonton di bioskop. Jika anda sendiri ragu dengan kebersihan biskop yang anda datangi, maka anda perlu berpikir dua kali mendatangi bioskop yang sama.

5. Serangga bedbugs

Bedbugs dikenal sebagai serangga kotor yang cerdas. Mereka berhasil membuat jalan untuk mengikuti anda kemanapun anda pergi. Dia melompat dari satu pakaian ke pakaian lainnya dan menyukai tempat remang-remang seperti bioskop yang minim pencahayaan. Artikel yang diterbitkan CNN menunjukkan bioskop Times Square, New York, sempat ditutup sementara karena dipenuhi oleh bedbugs.

6. Virus airbone

Virus airbone adalah bahaya kesehatan paling jelas yang ada di tempat publik. Virus ini menyebar lewat udara patogen dan bisa menyebabkan flu. Kondisi bioskop kotor dapat membuat bahaya yang sama. Bahkan virus airbone di ruang teater biskop potensial menempel di lengan kursi, gagang pintu, counter, dan permukaan lain dimana kelembaban ada. Anda bisa tertular dengan bersin atau batuk.

Untuk menghindari bahaya kesehatan ini, anda sebaiknya terus memastikan untuk mencuci tangan anda secara menyeluruh. Sebaiknya, anda juga menghindari menyentuh makanan atau menggosok mata anda jika tangan anda tidak bersih.

 

Credit: republika.co.id

About Sustaindo - Sustainability Indonesia
Entrepreneurship NOW!. You can donate using credit card via Paypal. Here: https://www.paypal.com/cgi-bin/webscr?cmd=_s-xclick&hosted_button_id=W2472XU5QCJ9J Thank you

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: